1

Tergantung Persiapan Ruhiyahmu

Posted by Vienna Alifa on 12/12/2015 in Dakwah, Renungan, Tazkiyatun Nafs |

Tidakkah kau merasa…

Wahai diriku, sebijak apapun kata-kata yang kaulontarkan atau tuliskan tapi jika tidak didahului dengan tilawah Al-Quran sepenuh hati atau tidak diawali dengan dzikrullah serta rapalan doa penguat kalimat, seringnya ia hanya membuat takjub para pendengar/pembaca sesaat saja. Mereka memang terkesan tapi tidak menggerakkan. Tersentuh namun lekas hilang dari ingatan. Meresap sebagai tambahan pengetahuan bukan menjadi amalan.

Sebaliknya…
Ketika engkau tidak siap untuk menyampaikan sebuah materi tapi telah ditetapkan. Berdebar tak karuan saat mendapat amanah dakwah bil lisan. Kebingungan ketika hendak menulis ajakan kebaikan padahal diri masih tertatih menunaikan…

Lantas kau alihkan galau dalam ungkapan permohonan. Kau pasrahkan kemampuan dalam dzikir nan panjang pada kekuatan Dia Yang Maha Mengabulkan. Kau tilawahkan pun maknai ayat-ayat pembangun harapan.

Maka ketahuilah…
Manakala ada satu-dua orang yang bergerak sesuai arahan. Bila ada sejumlah teman beramal sebagaimana inspirasi yang kau hembuskan. Jika tumbuh keshalihan pada mereka perlahan lahan.
Semua itu selain karena kehendak-Nya juga karena persiapan ruhiyah yang kau bangun dengan kesungguhan.

Jadi ingat kembali jiwaku, tersebabkan kekuatan iman pertolongan dan kemudahan Allah itu datang. Di mana penghambaanmu menjadi total, hubunganmu dengan Allah menguat serta tawakalmu pada-Nya terwujud setulus-tulusnya. Sehingga tindakan dan kata-katamu berpengaruh membawa perubahan.

Setelah itu banyaklah beristighfar dan ungkapkan..

Allahu’alam bi ash-shawwab.
Al haqqu min Rabbikum falaa takuunanna min al-mumtariin.

1 Comment

  • Anne says:

    Pernah ngalamin yang paraaah banget teh. Aduh malunya luar biasa. Dan itu jadi pelajaran, mungkin memang saat itu banyakan baca komik daripada baca Al Qur’an, hingga da’wah bilisan hanya menjadi syair yang diterbangkan angin saja. Ah, jazakillah sudah mengingatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2007-2017 Catatan Vienna All rights reserved.
This site is using the MultiBusiness Child-Theme, v3.1.4, on top of
the Parent-Theme Desk Mess Mirrored, v2.4, from BuyNowShop.com