0

Tajamkan Bashirah

Posted by Vienna Alifa on 25/06/2015 in Coretan Hati, Ramadhan, Renungan |

“Jangan terpedaya dengan gedung dan tempat indah. Karena tak ada tempat yang lebih baik dari surga. Dan dahulu di dalam surga, ayah kita, Adam pernah hidup didalamnya, tapi lihatlah bagaimana akhirnya.

Jangan terpedaya dengan banyaknya ibadah yang engkau lakukan. Karena dahulu iblis pun melakukan ibadah di dalam surga, tapi lihatlah bagaimana keadaan selanjutnya.

Jangan terpedaya dengan hanya kagum melihat orang-orang shalih. Karena tak ada manusia yang kemuliaannya melebihi Rasulullah saw, tapi ternyata orang-orang kafir dan munafiq di zaman Nabi tak mampu mengambil manfaat dari kemuliaan Rasulullah saw.”
~Imam Hasan Al-Bashri~

Kenyataan hidup yang kita hadapi sejatinya hanya bergulir di dua rasa, yaitu bahagia dan sedih. Tapi bagi tiap insan kedua rasa itu akan berbeda sensasinya, tergantung dari sudut pandang yang ia pakai.

Bagi seorang mukmin, tolak ukur pandangan ini mestilah dilihat dari kejauhan dan kedekatannya dengan Allah swt. Sebagaimana ketajaman pandang Imam Hasan Al-Bashri ketika menilai satu keadaan yang tampak lumrah untuk diberikan kekaguman atasnya, namun ternyata berpotensi membuat manusia tertipu di dalamnya.

Tentu saja kita perlu latihan keras dalam menajamkan bashirah. Diawali dengan mengasah keimanan kita melalui ketaatan demi ketaatan. Supaya pelajaran yang terkandung dari berbagai peristiwa mudah direnungi. Sampai yakin bahwa hanya ridha Allah swt yang ingin kita raih tiap menjalani ragam rasa kehidupan.

#ramadhan_day07

vi3nzz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2007-2017 Catatan Vienna All rights reserved.
This site is using the MultiBusiness Child-Theme, v3.1.4, on top of
the Parent-Theme Desk Mess Mirrored, v2.4, from BuyNowShop.com