0

Sepuluh Mitos Menyesatkan Tentang Makanan

Posted by Vienna Alifa on 13/03/2008 in Kesehatan |

Diambil dari sebuah situs kesehatan, sepertinya beberapa mitos ini sudah begitu mengakar di banyak benak  masyarakat awam  tentang  makanan. Termasuk saya tentunya….
Jadi ketika membaca penjelasan didalamnya seperti tersindir berat meyadari betapa ‘sotoy’-nya dirikuh.

Kalau kita mau renungi sejenak mengenai masalah makanan, sesungguhnya Islam.
juga mengajarkan kita untuk memperhatikan betul makanan yang kita konsumsi. (QS. ‘Abasa : 24).
Artinya bukan sekedar halal tentunya, tapi pilihlah yang membawa manfaat bagi kesehatan tubuh. (thoyyiban). Bukankah dengan tubuh yang sehat akan lebih memudahkan kita beribadah pada Allah ? Sehingga benarlah kiranya jika Allah lebih mencintai mukmin yang kuat (sehat) dibanding mukmin yang lemah.

Yuk, kita telusuri mitos-mitos ‘sesat’ dibawah ini : 1. Gula menyebabkan diabetes Jika Anda penderita diabetes, Anda perlu memperhatikan asupan gula dan karbohidrat untuk menjaga kadar gula darah.Bila bukan diabetesi, asupan gula tak menyebabkan diabetes. Yang benar, makanan tinggi kalori, termasuk banyak minum dan makan manis, kegemukan, dan tak pernah olahraga adalah faktor risiko utama penyebab penyakit diabetes tipe 2.
—–> Nah, bagi yang doyan makan manis…olahraganya ditambah porsinya..

2. Semua lemak buruk
Kita semua butuh lemak karena lemak membantu penyerapan vitamin A, D, E, K, transmisi saraf, dan menjaga integritas membran sel. Namun, ketika dikonsumsi berlebihan, lemak menyebabkan peningkatan berat badan, penyakit jantung, dan kanker. Tentu tidak semua lemak buruk. Pilihlah lemak baik yang disebut lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda dalam pola makan sehari-hari. Lemak tak jenuh ini terdapat pada ikan dan kacang kacangan.
—–> Kasian si lemak, imagenya selalu buruk. ck..ck..teganya
Makanya begaul dong sama lemak baek-baek !

3. Gula cokelat lebih baik dibanding gula putih
Memang benar gula cokelat mengandung sejumlah mineral. Namun, mineral itu bisa terasa manfaatnya untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah banyak sekali. Dalam konsumsi sehari-hari, perbedaan kandungan mineral itu tak terlalu signifikan.
——> Jadi kebayang coklat ostrali yang yummy ituu…
Ga terlalu manis, ga bikin ‘enek, ga terlalu lengket, mhhh..maknyus
(lho kok promosi ?)

4. Kulit telur cokelat lebih bergizi dibanding yang putih
Warna kulit telur dapat berwarna-warni, tetapi itu tak ada hubungannya dengan kualitas, rasa, dan kandungan nutrisinya.
——> kulit boleh beda, tapi kandungan gizi teteup sama atuh..

5. Turunkan kolesterol dengan pantang seafood
Kuncinya adalah konsumsi dalam jumlah wajar karena seafood memang mengandung kolesterol. Kadar koesterol dalam tubuh sebagian besar dipengaruhi oleh lemak jenuh dan trans fatty acid. Keduanya ini terdapat dalam daging merah dan makanan kemasan olahan. Trans fatty acid terdapat di snack kemasan, gorengan, atau margarin yang berisi minyak hydro genated.
——-> setujuh. jangan pantang gitu ah dong deh.
seimbang itu kudu. Eh, kok jadi kangen gorengan nih. (halaahh)

6. Hindari karbohidrat agar berat badan cepat turun
Pesan utama diet rendah karbohidrat adalah karbohidrat mempercepat produksi insulin yang ujung-ujungnya akan menambah berat badan. Namun, membatasi asupannya secara berlebihan bisa membuat tubuh kekurangan karbohidrat untuk kegiatan harian. Akibatnya, tubuh akan membakar cadangan karbohidrat untuk energi, dengan melepaskan air. Itulah sebabnya Anda kehilangan banyak air ketika diet rendah karbohidrat.
——->  wah sepertinya sy termakan mitos ini nih. Pantesan suka kunang-kunang plus lemes kalo kebanyakan  aktivitas dan ga konsumsi karbohidrat. Biasaaa terobsesi untuk cepet kurus…*blushing*
Inilah problematika ibu-ibu : sulit menurunkan berat badan. Sampe          ada temen yang nyeletuk jahil, “kayaknya kalo udah ibu-ibu gini kita minum air aja jadi daging ya.”
(xixixi…..manggut-manggut mengiyakan)

7. Hindari kacang-kacangan karena berlemak
Memang benar kacang-kacangan tinggi kalori. Asal tak berlebihan, kacang-kacangan baik untuk kesehatan karena mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda.
——> Kdng saya menghindari bukan karena berlemak. Tapi karena ga cocok   aja kalo makan kacang ga ada temennya. (ga nyambung ya?)

8. Ibu hamil harus makan untuk dua orang
Kebutuhan energi setiap orang itu berbeda. Rekomendasi tambahan gizi untuk ibu hamil adalah 100 kilo kalori untuk trimester pertama dan 300 kilo kalori untuk trimester kedua. Contohnya, tambahan kudapan sebelum tidur untuk ibu hamil adalah buah, yoghurt, dan beberapa potong biskuit.
——> hehehe….ini mah alasannya ibu hamil kalo lagi rakus, “kan yang
makan dua?’, sambil nyomot perkedel, di tangan ada sepiring
gado-gado lontong, segelas jus alpukat…trus bolak-balik ngemil
puding dan es krim. *Pengalaman bung, pengalaman…

9. Tidak makan malam membantu menurunkan berat badan
Banyak orang berpikir, makan lebih sedikit berarti mempercepat penurunan berat badan. Mereka tidak tahu, ketika tak makan, tubuh berpikir kita sedang kelaparan dan karenanya memperlambat proses metabolisme. Kita pun cenderung makan banyak sesudah melewati waktu makan. Karena itu, jangan lewatkan waktu makan. Cara yang sehat adalah makan sering tetapi dalam porsi kecil agar gula darah terus seimbang.
——> Gubraks…,kesindir lagi. Eh, tapi sy mah bener-bener kuat lho ga
makan sampai pagi! *meringis nahan kriyuuk kriuuk di perut*

10. Daging merah tidak baik untuk kesehatan
Memang benar daging merah meningkatkan risiko penyakit jantung karena kandungan lemak jenuhnya. Padahal, daging putih juga mengandung lemak jenuh. Seporsi daging sapi sirloin atau babi tenderloin mengandung lemak jenuh lebih sedikit daripada paha ayam dengan kulit. Jangan makan daging ayam dengan kulitnya. Pilih daging sapi tanpa lemak agar tidak menambah kandungan lemak jenuh dalam tubuh.

——-> Ayoo konsumsi daging merah dan putih secara seimbang. (pas
kan dgn lambang negara kita?) *sok nasionalis*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2007-2018 Catatan Vienna All rights reserved.
This site is using the MultiBusiness Child-Theme, v3.1.4, on top of
the Parent-Theme Desk Mess Mirrored, v2.4, from BuyNowShop.com