0

Note To Myself

Posted by Vienna Alifa on 08/11/2017 in Renungan |

 

Diriku, cobalah kau konsisten (paling tidak) mengatur tiga hal ini di hidupmu…

ATUR PIKIRAN

Fokuskan pikiran pada peran dan kewajiban hidupmu. Arahkan selalu ke hal-hal positif sehingga tak mudah stress karena urusan apapun, karena ulah siapapun atau karena situasi bagaimanapun. Prasangka baik pada Allah, itu kuncinya . Karena akan berefek menumbuhkan prasangka baik juga pada sesama. Yakini bahwa semua hal yang kau terima, hadapi dan lalui pasti tersedia pelajaran yang bisa diambil. Kuatkan dengan banyak berdo’a agar setiap masalah yang membebani pikiran diberi jalan keluar dan kemudahan dari Allah ta’ala.


ATUR WAKTU

Be organized. Periksa berbagai amanah/kewajiban yang harus kau tuntaskan lalu tuliskan ke dalam jadwal harian. Susun dari skala yang paling urgen dan mendesak untuk diselesaikan. Kategori penting atau tidaknya sebuah aktivitas bagi seorang muslim terkait dengan hukum yang berlaku atasnya (wajib-sunnah-mubah) serta apabila kegiatanmu berkenaan dengan hajat orang banyak/orang lain atau tidak. Ingat-ingat dua sebab yang membinasakan dari waktu adalah jika kau suka menunda dan menyia-nyiakannya. Maka waspadalah, jangan sampai terpedaya. (Phfft..ini berat kali saudara!)


ATUR KESEHATAN

“Mukmin yang kuat lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah.” Begitu pesan Rasulullaah saw. Kesehatan jasmani didapat manakala tubuh terpenuhi dalam tiga aspek yaitu dibugarkan dengan olahraga, dicukupkan kebutuhan gizinya dengan makanan sehat-seimbang serta diiistirahatkan dari kelelahan. Jadi patuhi jadwal olahraga sepekan minimal dua kali dengan durasi 30-60 menit. Perbanyak makan buah, kacang-kacangan, sayur mayur serta wajib minum air putih dua sampai tiga liter per hari. Hindari ngemil (kecuali lagi PMS, hoho..), makan berlebihan dan petuah diet yang ndak jelas landasan ilmunya atau di luar kesanggupanmu. Terakhir, usahakan untuk tidur tidak terlalu larut sehingga bisa lebih segar menjalankan ibadah malam (sedang berjuang keras).


Baiklah. Itu saja aturan untukku. (gleg)
Kutulis di sini bukan bermaksud menginspirasi tapi supaya makin berusaha komitmen menjalani jikalau banyak sahabat yang menjadi saksi. Semoga mereka berkenan mengingatkan kembali di kemudian hari.


@vi3nzz, September 2016.

#diarymotivasi
#weeklynote
#catatanmonolog
#omelanpadadiri

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2007-2017 Catatan Vienna All rights reserved.
This site is using the MultiBusiness Child-Theme, v3.1.4, on top of
the Parent-Theme Desk Mess Mirrored, v2.4, from BuyNowShop.com