0

Mengapa Musibah Menimpaku?

Posted by Vienna Alifa on 09/12/2014 in Dakwah, Qur'an, Renungan, Tarbiyah, Tazkiyatun Nafs |

 

 

 

Musibah demi musibah beruntun datang merenggut nyawa banyak manusia secara tiba-tiba. Di dalam negeri dan di luar sana, berupa bencana alam, kecelakaan atau berbentuk teror dari orang-orang tak waras, semua terjadi begitu cepat dan tak terduga.
Ketakutan, kecemasan, kesedihan, kekalutan, kegeraman, kemarahan, kebingungan, kurasa tak hanya bercampur di dada ini tapi juga setidaknya di hati mereka yang mengetahui.


Di balik keprihatinan yang mendalam, banyak pelajaran kuserap dari pelbagai berita yang datang kemudian. Tentang indahnya toleransi, tentang bermaknanya sebuah dukungan atas nama kemanusiaan, tentang waktu kematian yang akan selalu jadi misteri Ilahi, tentang hakikat iman ketika diuji, tentang amalan yang membawa pada husnul khatimah, tentang lahirnya kekejian dan kebiadaban, serta masih banyak lagi.

 

Kuharap tiap pelajaran itu dapat menjadi bekal jika suatu saat musibah menimpa diri. Terutama sekali tentang keyakinan bahwa setiap musibah terjadi karena kehendak-Nya. Begitu pun sebab serta tujuannya hanya Allah Yang Maha Mengetahui secara detil dan persis.
Dengan demikian kuharap rasa perih dapat terlalui, teredam dan terobati dengan keimanan yang tetap terjaga di hati.


Lagipula, bukankah musibah terbesar yang sebenarnya adalah bila ia menimpa agama kita? Yakni ketika iman kita pada Allah ta’ala runtuh dan hilang dengan alasan apapun?

مَا أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ وَمَن يُؤْمِن بِاللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
(Qs. At-taghabun : 11)


Juz 28 – mengapa musibah menimpaku ? – Nouman Ali Khan – Subtitle Indonesia

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2007-2017 Catatan Vienna All rights reserved.
This site is using the MultiBusiness Child-Theme, v3.1.4, on top of
the Parent-Theme Desk Mess Mirrored, v2.4, from BuyNowShop.com